Kalau di tulisan sebelumnya aku memberikan esai yang aku gunakan untuk melamar sebagai Rhenald Kasali Mentee atau RKMentee, kali ini aku yang baru saja selesai dari program pelatihan kepemimpian yang luar biasa itu ingin berbagi alasan mengapa program ini wajib kamu ikuti untuk mereka yang sudah lulus D3 ataupun S1.

Big People Everywhere

Program RKMentee merupakan program yang membuka kesempatan untuk mereka yang ingin belajar banyak dan langsung di bawah arahan Prof. Rhenald Kasali (Guru Besar FE UI, Pendiri Rumah Perubahan, Penulis) selama 2 tahhun. Tahun 2016 merupakan tahun kedua dari program perekrutan. Bayangkan saja, untuk 2016, ada sekitar 500 lebih pelamar yang mendaftar, namun yang berhak mendapatkan kesempatan untuk pelatihan RKMentee hanya 40 orang saja.

Dari 40 orang ini, mereka adalah yang terbaik. Mereka datang dari seluruh Indonesia yang memiliki tujuan yang sama: mengubah Indonesia untuk menjadi lebih baik. Tentu saja, 40 RKMentee punya aura positif yang sangat bagus untuk karakter seorang individu. Mereka rata-rata adalah orang-orang yang sudah melakukan program sosial atau perubahan dalam komunitas dan lingkungan asalnya. Mereka juga adalah orang-orang yang sudah memiliki pengalaman tidak biasa, mulai dari program pertukaran pelajar hingga yang pernah menjadi Pengajar Muda Indonesia Mengajar. Tentu saja, berada di sekeliling orang-orang yang positif merupakan hal yang menyenangkan, sebab mereka semua adalah para big people. Mereka tidak membicarakan orang lain. Mereka membicarakan ide dan kolaborasi apa yang bisa dilakukan.

Contoh Toleransi dan Empati yang Begitu Besar

Datang dari seluru Indonesia, ada yang dari Aceh hingga Maluku, tentu saja bukan hal yang mudah untuk dapat terus berinterkasi selama 6 hari. Perbedaan budaya dan kebiasaan seringkali bagi sebagian besar orang menjadi suatu penghalang untuk dapat hidup harmonis. Apalagi keberagaman keyakinan. Namun, hal itu semua tidak terbukti dapat membuat 40 peserta ini bermusuhan. Malah dari interaksi yang intens tersebut, kami semua jadi bisa memahami budaya dan kebiasaan satu sama lain. Kami menghargai setiap pendapat dari setiap peserta. Kami menghargai keyakinan beragama masing-masing peserta sehingga tidak ada obrolan yang menyinggung agama. Obrolan kami berbasis keingin tahuan akan sesuatu yang belum ada di lingkungan masing-masing.

Bagiku pribadi, aku sendiri masih takjub dengan bagaimana tiap-tiap peserta bukanla mereka yang berpikiran sempit, melainkan bisa saling menghargai dan menghormati. Ternyata, di Indonesia masih banyak lo orang-orang yang tidak memandang SARA sebagai determinasi untuk berkawan.

Memaksa untuk Memperluas Zona Nyaman

Bukan meninggalkan zona nyaman, tetapi memperluas zona nyaman tersebut. Pertama, karena pesertanya dari seluruh Indonesia, pastilah kami diminta untuk dapat berkomunikasi dengan baik. Kedua, banyak hal dari program RKMentee ini yang memaksa setiap peserta untuk memperluas comfort zone-nya. Banyak hal yang tidak terduga harus diselesaikan. Pasti, akan muncul perasaan cemas karena takut tidak bisa menyelesaikan misi yang diberikan oleh program RKMentee. Disitu, kami semua “dipaksa” dan diberi tenggat waktu yang tidak main-main.

Sederhanya saja ketika kami bermain outbond. Bukan outbond biasa. Kalau kamu sudah pernah menonton acara televisi berjudul Amazing Race, itulah yang kami lakukan. Bukan setim isi 2 orang, melainkan bisa sampai 11 hingga 12 orang dan bagaimana caranya menyelesaikan misi dengan modal yang sangat terbatas.

Kalau kita tidak mau memperluas zona nyaman, bagaimana bisa menyelesaikan misi dan menaklukan ketakutan sendiri. Iya kan? 🙂

Tokoh Inspiratif dan Kontroversial dalam Setiap Sesi Kelas

Tidak cuma diberi tantangan dan pelatihan kepemipiman saja. Program RKMentee ini juga menghadirkan para tokoh-tokoh inspiratif dan juga tokoh yang kontroversial untuk berbagi pengalaman sebagai agen perubahan. Bayangkan saja, kami semua bisa mendegar langsung dari RJ Lino, mantan Dirut Pelindo yang kasusnya masih belum selesai. Kami mendengar secara langsung bagaiamana beliau memutuskan untuk berbuat hal yang baik dan tentang mereka yang menghalangi niatnya. Kami juga didatangi oleh Panglima TNI, Jendral (Purn.) Moeldoko yang memberikan materi tentang wawasan kebangsaan, bahwa menjadi pemimpin dan agen perubahan sudah selayaknya mengenal dengan baik bagaimana keadaan negaranya.

Masih ada lagi kesempatan untuk bertemu atau audiensi dengan Basuki Tj. Purnama alias Ahok, Gubernur DKI Jakarta. Kami secara langsung mendengar dan mengetahui langusng bagaimana sosok Ahok dalam merombak banyak hal di ibukota demi kesajehteraan warganya. Kapan lagi bisa dapat kesempatan emas seperti itu?

Dari Dahlan Iskan, Prof. Komaruddin Hidayat, Pandji Pragiwaksono, Hariono, Hasnul Suhaimi, Najwa Shihab dan masih banyak lagi! Tentu saja, kehadiran para tokoh tersebut tidak sekedar untuk berbagi kisah sukses, melainkan mengajak peserta untuk lebih berpikir kritis tentang banyak hal, agar setiap individu tidak mencerna informasi mentah-mentah tanpa filter. Sebagai agen perubahan tentu saja kita tidak boleh begitu saja dalam menerima informasi, kan?

Pastinya, Menjadi RKMentee adalah Pengalaman yang Tidak akan Pernah Bisa Dilupakan

Bertemu orang-orang keren dalam bidang sosial maupun profesional dari seluruh Indonesia, diberi tantangan yang tidak biasa, dan mendengar langsung pengalaman untuk berubah dari banyak tokoh tentu bukan pengalaman yang bisa didapatkan setiap hari. Masuk ke dalam 40 peserta RKMentee merupakan suatu kemewahan tersendiri. Bisa belajar banyak hal hingga kemungkinan untuk merealisasikan mimpi pun sangat memungkinkan.

Dari 40 peserta tersebut akan dipilih mereka yang terbaik. Mereka yang beruntung akan mendapatkan kesempatan untuk magang bersama Rumah Perubahan dan Prof. Rhenald Kasali selama 2 tahun. Kami semua, ke-40 peserta tersebut juga akan saling berkolaborasi untuk dapat meneruskan proyek sosial yang sudah kami rancang sebelumnya. Menyenangkan sekali, bukan?

Selalu ikuti informasi mengenai RKMentee, jangan sampai kamu kelewatan untuk tidak apply program yang begitu keren ini! follow akun Twitter Rumah Perubahan ya!

Kamu juga bisa kepo-in ke-40 peserta dengan mencari di Twitter, Facebook, dan Instagram menggunakan tagar #RKMentee lo!

NB: Terima kasih atas dukungan teman-teman. Aku pun menjadi salah satu dari 6 peserta terpilih yang mendapatkan kesempatan untuk menjadi murid Prof. Rhenald Kasali selama 2 tahun. Kalau mau bertanya lebih lanjut di ask.fm saja ya :3

— January 16, 2016

One thought on “5 Alasan Mengapa Kamu Harus Ikut Program RKMentee

  1. Pingback: Menjual yang Intangible – your world, my nest, vague trust

What Do You Think?