Ada yang mengatakan kekurangan dari buku digital adalah sifatnya yang tidak bisa dipinjamkan. Risiko yang hadir dengan keterbatasan sirkulasi buku digital adalah beredarnya versi bajakan. Biasanya, itu terjadi di luar platform/aplikasi membaca seperti Gramedia Digital, Google PlayBooks, aplikasi Kindle/Kobo/Scribd. Berbeda dengan buku cetak, kita tinggal “memberikan” kepada orang lain dengan lebih mudah.

Keterbatasan perihal “pinjam meminjam” setidaknya sudah bukan menjadi masalah untuk mereka yang memiliki akun Amazon. Memanfaatkan adanya fitur Amazon Family Library, dua orang dewasa yang memiliki akun Amazon bisa saling membagikan konten digital yang mereka miliki dalam platform Amazon. Persyaratannya hanya satu: kedua pengguna tersebut harus berada pada negara yang sama. Dalam hal ini, aku dengan partner yang sama-sama menggunakan alamat di Amerika Serikat untuk akun Amazon kami.

Catatan: aku menggunakan gawai Kindle Paperwhite Gen 10 untuk membaca dan partnerku menggunakan aplikasi Kindle di Onyx BOOX Nova 3. Kami juga memasang aplikasi Audible di ponsel untuk menikmati audiobook.

How to set Amazon Kindle Family Library

Untuk mengatur akun, bisa dilakukan melalui situs web Amazon atau melalui gawai Kindle. Aku sendiri melakukan pengaturan dari gawai Kindle Paperwhite Gen 10. Yang diperlukan adalah koneksi wi-fi dan alamat email partner yang dijadikan akun Amazon.

Di Kindle, silakan akses menu Settings > Household & Family Library. Maka akan muncul tampilan di mana kita bisa menambah satu akun lagi. Ketuk saja dan tinggal ikuti langkah-langkahnya.

Apabila sudah terdaftar, maka akan muncul seperti gambar di bawah. Nama partner terdaftar dalam Amazon Family Library kita.

Bagaimana jika ingin melakukan pengaturan melalui web Amazon?

Silakan mengarah pada menu Account > Your Account > Your Profile. Di situ, akan muncul tampilan Manage Your Profiles. Kita bisa langsung menambahkan satu akun Amazon untuk dijadikan “Family Member”

Sama dengan melakukan pengaturan melalui gawai Kindle, di situs web Amazon pun hanya mengikuti langkah-langkah yang ada. Nantinya partner kita akan dapat notifikasi melalui email bahwa akunnya sudah ditambahkan menjadi “Family Member” dalam Amazon Family Library.

Ohya, Amazon Family Library hanya bisa menambahkan 1 akun baru ya. Dengan kata lain, cukup 2 akun saja yang bisa saling berbagi.

Konten Digital yang Bisa Dibagikan

Jika sudah saling menambahkan dalam Amazon Family Library, maka sudah bisa saling berbagi konten. Konten yang dimaksud adalah yang dibeli (purchased) oleh masing-masing pemilik akun. Untuk dapat melakukan pengaturan berbagi, kita perlu mengakses situs web Amazon > Your Account > Content and Devices. Maka nantinya akan muncul seperti gambar di bawah:

Koleksi buku-e yang kubeli di platform Amazon

Kita tinggal klik More Actions > Manage Family Library. Nanti akan muncul boks dialog yang perlu kita centang. Boks itu berisi informasi bahwa kita memang ingin berbagi konten tersebut kepada akun Amazon yang sudah masuk ke dalam Family Library. Apabila sudah tercentang, maka keterangan bukunya akan seperti gambar di atas, ada informasi “Shared with….”

Kita juga bisa berbagi konten digital berupa audiobook yang sudah dibeli melalui Audible. Caranya sama seperti berbagi buku-e. Semaunya bisa dilakukan melalui situs web Amazon. Karena kebetulan partnerku yang suka jajan audiobook, maka aku mendapatkan akses menuju koleksinya dengan keterangan seperti ini:

Koleksi audiobook milik partnerku yang dibagikan kepadaku

Untuk dapat mengakses audiobook, kita perlu memasang aplikasi Audible di ponsel/tablet. Kindle Paperwhite Gen 10 juga sudah bisa digunakan untuk mendengarkan audiobook. Tinggal hubungkan saja dengan bluetooth speaker/headphone untuk mendengarkannya.

Tampilan koleksi audiobook yang dibagikan padaku di Kindle Paperwhite Gen 10

Aku tetap bisa mendengarkan audiobook yang sudah dibagikan melalui aplikasi Audible tanpa berlangganan. Namun aksesnya terbatas hanya pada judul yang dibagikan kepada kita.

Untukku pribadi, Amazon Family Library bisa sekali dimanfaatkan jika kita punya partner membaca (reading buddy). Apalagi kalau selera bacaannya tidak jauh berbeda, bisa cukup menghemat jajan buku setiap bulannya ehe.

Semoga tulisan ini bisa membantu ya! (Atau jangan-jangan jadi semakin galau untuk punya akun di Amazon :p).

— November 6, 2021

What Do You Think?