Beberapa kali aku membagikan informasi terkait Kindle Daily Deals, baik itu di Instagram Story dan Twitter. Karena akun Amazonku berbasis di Amerika Serikat, maka diskon tersebut berlaku untuk yang memiliki akun Amazon AS. Perlu diketahui, Amazon tidak menyediakan layanannya di Indonesia. Ada beberapa negara yang dilayani oleh Amazon seperti Inggris (UK) dan India. Dua negara tersebut sering menjadi tujuan kepemilikan akun oleh para pengguna yang ingin suka berburu buku digital murah.

Koleksi bacaan di Kindleku yang didapatkan secara murah meriah

Apakah mereka yang memiliki akun Amazon AS bisa membeli buku di Amazon UK? Setahuku sampai sejauh ini, tidak bisa. Masing-masing Amazon di negara penyedia layanannya memiliki kebijakan sendiri. Ada satu judul yang diskon di Amazon India tidak serta merta berlaku sama dengan Amazon AS.

Aku sendiri memiliki 2 akun Amazon yang berlokasi di Amerika Serikat dan Jepang. Partnerku juga sama. Dia punya akses untuk Amazon Amerika Serikat dan Australia. Kepemilikan 2 akun Amazon dengan basis negara berbeda tidak dapat digabungkan. Dengan kata lain, koleksi yang aku miliki di Amazon AS dengan Jepang tidak dapat diakses dalam satu akun yang sama. Aku mengakalinya dengan menggunakan Kindle Apps di ponsel untuk mengakses Amazon Jepang dan gawai Kindle Paperwhite 10 untuk mengakses Amazon AS.

Selain itu, salah satu follower di Instagram pernah bertanya: dia memiliki 2 akun Amazon yang berbasis di negara yang sama (dia membuat akun karena satu dan lain hal), apakah koleksinya bisa digabungkan? Jawabannya, bisa. Silakan mengandalkan fitur Amazon Kindle Family Library. Untuk lebih jauh bagaimana menyetelnya, bisa cek tulisanku di sini.

Karena aku lebih sering menggunakan Amazon AS, maka tulisan dalam blog ini berdasarkan pengalamanku memanfaatkan layanan Amazon AS di situs webnya yang aku akses di peramban laptop Opera (desktop browser).

Menyetel Alamat Amazon AS

Sebelum kita jauh membahas tentang Kindle Deals, aku ingin menjelaskan sedikit tentang alamat Amazonku. Sedari awal, aku sendiri sudah memasang alamat di AS. Kalau punya relasi/kolega yang berada di sana, bisa coba pinjam alamat mereka. Tapi kalau tidak… you know how to tweak 🙂

Sejujurnya aku menggunakan 3 alamat. Satu berbasis di AS yang kemudian aku jadikan alamat utama, satu lagi di Singapura untuk alamat cadangan (ini tidak perlu-perlu amat), dan satu lagi alamat Indonesia sesuai dengan yang tercantum pada akun Jeniusku.

Tampak alamat AS dan Singapura yang ada dalam Amazon AS-ku

Dari menu yang ada di pojok kanan atas, silakan pilih Your Account > Your Address. Masukkan alamat AS yang dimiliki dan simpan setelan baru tersebut.

Meskipun alamatnya ada di AS tapi sistem pembayaran (Payment Method) yang aku masukkan hanya kartu Jeniusku. Kalau tidak salah, Amazon AS menerima pembayaran dalam bentuk kartu kredit, kartu debit bertanda Master atau Visa, dan PayPal. Pilih salah satu metode yang menurutmu sesuai dengan kebutuhanmu.

Rajin Memantau Kindle (Daily/Monthly/Exclusive) Deals

Seperti yang tertera pada twit di atas, kunci dariku mendapatkan bacaan berkualitas dengan seharga Es Kopi Susu Keluarga Family Mart (Rp16.000) adalah dengan rutin cek Kindle Daily Deals setiap pukul 15:00 WIB. Amazon AS secara berkala mengganti judul yang didiskon harian pada waktu itu. Selain itu, mereka juga punya Kindle Monthly Deals yang sesuai namanya, diganti berkala setiap awal bulan.

Pilih Kindle Books pada bar di atas lalu pilih Kindle Book Deals

Agak usaha sih ya, tapi aku jadi punya motivasi untuk looking forward for the next day. Berharap judul incaranku masuk ke dalam Kindle Deals.

Manfaatkan “Shopping List”!

Kalau sudah punya judul incaran dan berharap suatu hari nanti akan banting harga, coba masukkan ke dalam Shopping List. Hal ini memudahkan kita untuk memantau perubahan harga. Caranya hampir sama dengan memasukkan produk ke Wish List yang ada di lokapasar semacam Tokopedia. Hanya saja, Amazon menggunakan istilah Shopping List.

Dapat dilihat kalau Concrete Rose mengalami penurunan harga sejak ditambahkan ke dalam Shopping Listku

Sebenarnya, Amazon akan mengirimkan notifikasi via surel pada perubahan harga judul-judul dalam Shopping List. Namun, karena aku malas mengecek surel maka sekalian saja aku memantau Shopping List di saat perubahan Kindle Deals setiap harinya. Ini juga dilakukan karena beberapa judul tidak masuk ke dalam kategori Kindle Deals tapi mengalami penurunan harga.

Sudah Beralamat di AS, Kok Nggak Diskon?

Beberapa follower mengalami kendala perbedaan harga. Pada buku Homo Deus yang masuk ke dalam Cyber Monday Deals tertulis bahwa buku tersebut USD0 alias 100%. Tapi ada pengguna yang masih harus membayar USD2.99 padahal alamatnya sudah disetel berada di AS.

Salah satu kendala yang dialami oleh pemilik akun Amazon

Aku sarankan untuk menggunakan peramban Opera di laptop. Opera memiliki fitur free VPN yang bisa membantu transaksi. Meski tidak bisa memilih spesifik negaranya, tapi kita bisa memilih “America” untuk akses Amazon AS.

Kalau ragu dengan keamanan fitur VPN yang diberikan Opera, silakan gunakan VPN yang berbayar dan lebih dipercayai. Selama menjadi pengguna Amazon AS, aku hampir tidak pernah menyetel perambanku dengan Opera. Menggunakan koneksi Internet apapun sejauh ini tidak ada masalah. Aku tetap bisa bertransaksi dengan nominal yang tertera di laman Amazon AS.

**

Jadi, membaca judul bagus di Kindle nggak melulu harus mahal dan sulit kan? Enak lho mengakses buku digital secara ori :3

— November 30, 2021

What Do You Think?